Minggu, 21 Agustus 2011

Fenomena Kalisari

Sebuah dusun ada di dekat jalan raya antara Benjeng dengan Balongpanggang di Kabupaten Gresik atau sebuah dusun di ujung jalan raya sebelah utara jalan raya, yang sangat populer dengan nama Kalisari.
Secara administrasi Kalisari ini termasuk wilayah Desa Kalipadang Kecamatan Benjeng Kabupaten Gresik. Dari lima dusun di Desa Kalipadang yang terdiri dari lima dusun yaitu Dusun Ploso, Dusun Kalisari, Dusun Kalimoro, Dusun Gesing dan Dusun Kalipadang, maka dusun Kalisari ini sangat terkenal dibanding empat dusun lainnya entah mengapa demikian padahal tidak ada yang istimewa dalam dinamika pembangunan di dusun ini dibanding dusun-dusun lainnya dalam lingkungan Desa Kalipadang tidak ada perbedaan yang signifikan dengan empat dusun lainnya.
Bisa pula yang menjadikan faktor popularitas Dusun Kalisari ini karena letaknya ditepi jalan raya itu sehingga memudahkan orang untuk mengenal Kalisari lebih mudah diingat dan dikenal orang.
Dusun Kalisari dapat dikatakan merupakan pintu gerbang dari dusun-dusun yang ada dipedalaman sebelah utara jalan besar atau jalan raya itu memperkuat nama Kalisari menjadi petunjuk awal agar orang-orang yang ada di kawasan sekitar Kalisari untuk menyebutkan sebagai asal usul alamatnya.
Dusun Kalisari sebagai pintu gerbang untuk memasuki dusun-dusun dipedalaman utaranya yaitu Kricak, Karangankidul, Kalanganyar, Munggusoyi, Munggugebang, Ngemplak dan Bareng. Seringkali untuk memudahkan mencari alamat dusun-dusun ini merujuk pada nama Kalisari sebagai pintu gerbang untuk memasuki dusun mereka.
Oleh karena itu akhirnya timbul sebutan baru Kalisari mana ? kemudian ada jawaban Kalisari Kricak, Kalisari Ngemplak, Kalisari Kalanganyar dan seterusnya dalam percakapan sehari-hari orang luar kota/kabupaten untuk mengetahui alamat bagi dusun-dusun tersebut, inilah yang kemudian kita kenal dengan istilah fenomena Kalisari untuk menyebut kawasan barat Kecamatan Benjeng ini.
Alkisah tentang fenomena Kalisari ini dapat dideskripsikan suatu saat pada musim hujan bakda maghrib pada tahun 2010 ada orang dari Sambeng Kab Lamongan mencari sanak saudaranya yang di Dusun Kalanganyar (Desa Karangankidul)  ternyata mutar-mutar di dua gang Dusun Kalisari ini, kebetulan ketemu penulis (Suwandi MPd) lalu bertanya pada seorang lelaki tengah bayah yang mencari alamat sanak saudaranya itu lalu disapa mencari siapa pak ? dijawab mencari si Fulan rumahnya Kalisari setelah putar-putar tidak menemukan alamat yang dicari. Lalu penulis deskripsi ini langsung minta tahu aja ke Ketua Rukun Warga 04 yang bernama Sunarto lelaki asal Kedungadem Bojonegoro ini menanyai soerang pencari alamat tersebut juga bingun "pak tidak ada nama yang anda sebut ini di data penduduk kami", maka Pak RW sebutan yang lazim untuk seorang ketua RW yang juga menghuni kawasan RT 8 ini kemudian curiga dengan menanyai jangan-jangan bukan Kalisari asli ini, sebab orang-orang luar kampung sini biasanya menyebutnya bahwa dia beralamat Kalisari, coba anda tanya lagi ke keluarga anda di Sambeng Lamongan, kebetulan si pencari alamat tadi bawa telepon seluler (handphone), percakapan dengan pihak keluarga pencari alamat tadi dilakukan maka akhirnya ada titik terang bahwa alamat yang di maksud adalah Dusun Kalanganyar (Desa Karangankidul), oh hala pak kok muter-muter di kampung saya ini dalam kondisi hujan-hujan begini. Kata penanya alamat tadi "matur suwun pak (terima kasih pak) atas bentuannya".
Dusun Kalisari secara administratif terdiri dari dua Rukun Tetangga dan satu Rukun Warga, yaitu Rukun Tetangga 8 di gang utara dan Rukun Tetangga di gang selatan yang masing-masing di pimpin oleh seorang ketua Rukun Tetangga, adapun dua Rukun Tetangga (RT) dihimpun dalam kelompok besar yang disebut Rukun Warga 4 dalam lingkungan Desa Kalipadang ini.

2 komentar:

  1. Wow sebuah dusun yang sangat terkenal dong karena berada di pinggir jalan raya antara Balongpanggang - Surabaya, antau antara Balongpanggang - Gresik

    BalasHapus
  2. Ternyata ada nama dusun yang menjadi ikon di kawasan Benjeng Barat yaitu KALISARI ini

    BalasHapus